Jumat, 26 Februari 2016

Kuliah di Luar Negeri, Bagaimana Cara Memulainya?

Inilah pertanyaan yang ada di kepala saya bebetapa tahun yang lalu, saat pertama kali keinginn melanjutkan studi ke Luar Negeri terbesit, jauh sebelum saya menamatkan studi sarjana. Kanapa buru-buru memikirkan S2 padahal S1 saja belum selesai? Karena saya yakin bahwa hasil terbaik hanya lahir dari rencana dan usaha terbaik. Salah satu bentuk nyata perencanaan yang baik itu adalah dengan mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Lalu apa saja tahapannya? Bagaimana cara memulainya?

1.     Dream of it, Kuatkan Tekad dan Luruskan Niat
Duh kedengarannya klasik sekali ya? Tapi menurut saya inilah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap pejuang beasiswa. Seperti kata Andrea Hirata “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.” Dari dulu sekali, jauh sebelum saya tahu kapan saya akan lulus kuliah S1, saya sudah mulai koleksi perintilan-perintilan kecil berbau Inggris. Mulai dari notebook, gantungan kunci, tempelan kulkas, pembatas buku dan barang-barang lainnya yang tentunya sampai oleh kantong mahasiswa, hehe. Setiap browsing di internet, saya selalu melihat-lihat suasana kuliah di Inggris, kehidupan muslim di Inggris dan semua hal yang berhubungan dengan Inggris. Saya juga memasang photo “red telephone” khas inggris di photo sampul facebook saya dan berjanji tidak akan menggantinya sampai saya benar-benar bisa mengambil photo asli spot ini dengan mata kepala saya sendiri. Ya, mimpi itu bisa dijaga dengan cara-cara sederhana. 




Kemudian, Alhamdulillah saya dipertemukan dengan teman-teman yang juga memiliki mimpi yang sama dengan saya. Saat itu yang kami tau hanyalah “Pokoknya kita harus kuliah ke luar negeri yaa..”. Setelah itu kami mulai sering ngelantur kalau sedang ngumpul, misal saat di cafĂ© yg memutarkan music klasik maka kami akan bilang “Wahhh, berasa di eropa” atau kalau lagi gerimis suka bilang “Ehhh ada salju turun.” Benar-benar sesederhana itu. Namun ternyata Allah mendengar impian itu, akhir tahun lalu saya dan salah satu teman “ngelantur” itu akhirnya bertemu di Leeds dan rasanya “Still can’t believe it, we really meet here in England.” Juli nanti salah satu teman “ngelantur” lainnya akan terbang ke Melbourne untuk melanjutkan studynya juga disana. September nanti  akan ada dua orang sahabat saya yang juga akan menyusul ke Leeds dan Edinburgh untuk melanjutkan studinya pula. Sungguh saya tak pernah membayangkan bahwa akan seindah ini Allah memeluk mimpi saya dan teman-teman dekat saya. Benar agaknya bahwa mimpi itu memang harus selalu dipupuk dan dijaga, lalu diperjuangkan.

Lalu kenapa butuh tekad yang kuat kalau ingin kuliah ke luar negeri? Karena yang namanya berjuang pasti akan sangat berat dan melelahkan. Tak sedikit yang harus berjuang bertahun-tahun untuk mempersiapkan semua berkas, mempersiapkan Bahasa, memburu beasiswa, mendaftar universitas dan perintilan-perintilan lainnnya. Belum lagi energi-energi negatif dari orang-orang sekitar yang meremehkan. Kalau tak kuat-kuat tekad, bisa berhenti ditengah jalan. Salah satu cara agar tekad Banyak yang diawal semangat sekali tapi makin lama tekadnya makin ciut, semangatnya hilang, lalu akhirya berhenti. Kemudian niatnya juga harus lurus, lillah. Niatkan dalam hati kalau ikhtiar ini karena Allah. Niatnya belajar, niatnya menuntut ilmu. Minta doa restu orang tua dan Bismillah, kamu sudah boleh bertempur setelah itu.

2.     Know yourself better, then you’ll know what’s best for you.
Menurut saya kalimat inilah yang paling pas untuk mewakili isi hati saya kalau ada yang nanya “Saya enaknya ambil jurusan apa yaaa, saya cocoknya jurusan apa ya?”
Teman-teman, ketika ingin memilih jurusan kitalah yang paling tahu apa jurusan yg sesuai dengan minat kita, apa yang kita suka dan apa yg akan mendukung karir yang kita inginkan di masa depan. Kalau belum yakin, cobalah bertanya  dan berdiskusi dengan Dosen saat S1 dulu kira-kira kalau minatnya ini, jurusan yang cocok apa. Atau kalau kamu punya tokoh idola di bidang ilmumu, coba lihat latar belakang pendidikannya apa. Bisa juga bertanya kepada senior yang sudah terlebih dulu melanjutkan studi dengan menceritakan minatmu apa atau minta ia menceritakan kuliahnya tentanga apa. Nah, dengan sharing seperti itu semoga kamu jadi dapat ide mau melanjutkan studi di bidang apa. Boleh bertanya asal punya sesuatu yang dibawa juga. Karena sekeren apapun pendapat dan saran orang, pada akhirnya kitalah yg menjalaninya.


3.     Menenukan Universitas
Setelah menentukan jurusan yang akan diambil, sekarang saatnya menentukan universitas yg menyediakan jurusan tersebut. Menurut saya ini adalah salah satu fase yang tidak kalah menarik dalam mempersiapkan kuliah ke luar negeri. Cara yang dulu saya gunakan adalah dengan mengetik keyword “Master of TESOL in England” di Google maka akan keluar beberapa pilihan kampus mana saja di Inggris yang memiliki jurusan tersebut. Kemudian, ada beberapa factor yang harus ditentukan dalam memilih jurusan, diantaranya:
a.     Rangking Universitas
Ini sebenarnya bukan syarat mutlak, namun layak untuk dipertimbangkan. Namun jangan tertipu dengan rangking universitas secara keseluruhan. Masin-masing universitas biasanya punya spesifikasi masing-masing. Misal, TU Delf di Belanda terkenal dengan jurusan tekniknya. Imperial College London di Inggris terkenal dengan bidang sciencenya. Harvard University di USA terkenal dengan sekolah pemerintahannya. Intinya jangan terlena dengan nama besar kampus. Maka dari itu disarankan untuk melihat rangking berdasarakan jurusan. Beberapa situs yang bias digunakan untuk melihatnya adalah World University Ranking by Subject dan THE by subject. Bagi teman-teman yang ingin kuliah dengan funding dari LPDP, daftar universitas yang masuk dalam list LPDP juga bias dilihat di sini. Lalu bolehkah memilih universitas yang tidak ada didalam list LPDP? Boleh. Asalkan kita punya alasan yang jelas kenapa ingin kuliah di kampus tersebut.

b.     Modules dan Dosen 
   Selain rangking universitas, modules (mata kuliah) yang ditawarakan juga bisa menjadi bahan pertimbangan. Dari website jurusan, biasanya kita bisa melihat apa saja yang akan kita pelajari selama kuliah nanti. Nah, coba dilihat kira-kira “sreg” tidak? Atau jika ragu memlih diantara beberapa univ dengan jurusan yg sama, coba di bandingkan kira-kira univ mana yg modules-nya yang kita liat rasanya “gw banget!”. Behitupun dengan dosen, deskrpisi dosen bisa dilihat langsung di website jurusan, kita bisa lihat interest dosen tersebut apa, buku dan jurnal yg sudah ditulis apa saja. Atau misal waktu kuliah S1 dulu ada tidak penulis yg kita suka banget terus bisa lihat deh beliau ngajar di univ mana.

c.     Negara dan Kota
Disini saya akan sedikit cerita kenapa saya memilih Inggris sebagai Negara tujuan dan Leeds sebagai kotanya. Karena menurut saya Inggris adalah salah satu negara yang sangat ramah terhadap muslim, tingkat toleransi masyarakatnya tinggi, negaranyanya nyaman, budayanya masih sangat kuat dan yang tak kalah penting adalah masa studi master disini hanya satu tahun jadi kuliahnya bisa cepat selesai.

Lalu kenapa Leeds? Ini sebenarnya karena saya sudah terlanjur jatuh cinta sama kampusnya aja :D Setelah mencari informasi tentang kota ini di berbagai website akhirnya semakin yakin untuk memilih kota ini sebagai kota tujuan. Leeds adalah sebuah kota di sebelah barat Yorkshire. Kota ini tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil juga. Beberapa tempat seperti city center, masjid, pusat perbelanjaan dan akomodasi jaraknya sangat dekat dengan kampus. Bisa dikatakan bahwa kota semua tempat itu “walking distance”. Selain itu, Leeds ini tidak terlalu ramai namun tidak pula terlalu sepi. Kalau mau yang modern-modernya pergilah ke city center. Tapi kalau ingin merasakan tenagnya suasana pemukiman desa Inggris yang tenang, berkunjunglah ke pemukiman penduduk yang juga tak jauh dari city center. 

Di Leeds juga terdapat banyak taman dan ini adalah salah satu taman di belakang rumah

Kemudian, biaya hidup di Leeds juga sangat bersahabat. Mungkin karena kota ini adalah “student city” maka harga barang-barang disini banyak yg disesuaikan dengan kantong mahasiswa. Orang-orang menyebut Leeds sebagai Jogjanya Inggris, heeh. Perbandingan kasarnya adalah, biaya satu bulan flat di London bisa dipakai untuk dua bulan di Leeds. Kemudian, masyarakat Indonesia di Leeds juga lumayan banyak. Sering ngumpul, saling kunjung dan berbagi jadi InsyaAllah tidak akan homesick :D
House warming saat baru sampai di Leeds. (Photo credit: Affan - Pak Pres PPI Leeds)

Kalau teman-teman ingin tahu lebih bayak tentang studi dan kehidupan di Leeds, silahkan kunjugi situs kece Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI Leeds) yang satu ini. Ini adalah website yang sering saya kepo semenjak beberapa tahun sebelum kesini. Dari sini kita bisa lihat, betapa kuatnya kekeluargaan warga Indonesia di Leeds. Kita akan hidup jauh di negeri orang untuk waktu yang lumayan lama, maka dari itu penting sekali untuk memlih tempat yang nyaman.


University of Leeds <3 

4.     Mendaftar Universitas dan Mencari Beasiswa
Mendaftar kuliah untuk jenjang master di Inggris bisa dilakukan melalui website kampus. Pendafatran ini tidak dipungut biaya apapun, jadi kita bisa saja mendaftar lebih dari satu kampus untuk jaga-jaga. Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Awalnya baca baik-baik syarat apa saja yang dibutuhkan oleh kampus. Semua daftar berkas yang dibutuhkan biasanya akan terlampir di website. Kemudian masuk ke halaman “Apply” atau “Apply Now”. Masing-masing kampus memiliki syarat yang berbeda. Namun rata-rata setiap kampus akan meminta:
·      Ijazah dan transkrip nilai yang sudah di terjemahkan
·      Motivation letter
·      Surat rekomendasi
·      Nilai IELTS
·      etc.

Intinya semua syarat bisa dilihat di website. Misalnya untuk jurusan saya, semua info pendafataran bisa dilihat disini. Pendafatran kampus di UK biasanya dibuka sepanjang tahun, jadi kita bisa submit aplikasi kapan saja. Untuk master kita tidak perlu menghubungi atau mencari dosen pembimbing terlebih dulu, benar-benar hanya submit berkas saja dan hasilnya akan keluar dalam jangka waktu 3-6 minggu. Kalau ada hal yang ingin ditanyakan, feel free untuk menghungi kontak yg tertera di website atau bahkan program director-nya. Mereka akan sangat cepat merespon semua pertanyaan yg ditanyakan para pelamar.

Setalah mendaftar kampus, saatnya mendaftar beasiswa. Ada banyak besiswa yang menyediakan funding untuk kuliah ke luar negeri, seperti Chevening, AAS, Fullbright, StuNed dan tentu saja the one and only LPDP. Pendaftaran beasiswa LPDP terdiri dari empat batch setiap tahunnya. Sama dengan kampus, semua syarat dan cara pendaftaran tertera di website LPDP. Butuh waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan semua berkasnya, maka sangat disarankan untuk memlulainya jauh-jauh hari. Menariknya, beasiswa tidak meliliki kuota jadi asalkan kualifikasi kita dirasa sampai oleh tim penilai, InsyaAllah akan lulus. Jadi disini kita tidak bersaing dengan siapapun, melainkan dengan diri kita sendiri. Dalam mendaftar LPDP sebenranya tidak ada ketentuan mutlak bahwa kita harus sudah diterima di universitas terlebih dahulu, namun kalau saya boleh menyarankan sebaiknya ketika mendafatr kita sudah punya Letter of Acceptance (LoA) atau tanda lulus dari kampus karena peminat beasiswa ini semakin hari semakin banyak. Jadi saat kita sudah punya LoA, maka kita sudah punya sedikit pegangan yang InyaAllah menguatkan. Tapi tetap tidak ada jaminan, karena banyak juga yang sudah dapat LoA tapi tetap lulus beasiswanya. Apapun itu, yang penting kita persiapakan yang terbaik.

Proses pendafatran LPDP diawali dengan pengumpulan berkas dan jika lulus akan lanjut ke tahap wawancara, Leaderless Group Discussion dan Essay Writing on the spot. InsyaAllah dilain kesempatan nanti saya akan sharing lebih banyak tentang pengalaman mendaftar beasiswa LPDP ini.

Untuk saat ini segitu dulu ya teman-teman, pokonya Bismillah saja. Dan ingat hasil terbaik itu hanya lahir dari usaha terbaik. Kalau usahanya sudah baik, tinggal berdoa. Biarkan takdir Allah yang menyudahi. Tak apa lelah-lelah diawal, InsyaAllah nanti lelahnya Allah ganti dengan sebaik-baik balasan. Selamat bermimpi besar, selamat berikitiar teman-teman.


Leeds, 27 Feb 2016
04.18am
Share:

16 komentar:

  1. wah, besar sekali ternyata kekuatan mimpi itu kak Afnesha Chang,.
    semoga nanti benar-benar menyusul menjadi salah satu bagian pejuang mimpi,walaupun masing belum tau mimpi yang mana, hehe..
    salam kenal kak dari Padang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin... terus semangat, berusaha dan berdoa agar Allah mudahkan iktiarnya yaa. Sukses, Nela :)
      Salam kenal jugaaaaa :))

      Hapus
    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau ☎ 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  2. Hi, Afnesha, salam kenal. I'm blog walking and finally found ur website. terharu banget baca blognya and i'm really motivated after reading it. huge thank's for sharing ur valuable information, i'll follow ur steps :)
    wish me luck. Semoga selalu lancar studinya di leeds ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga Fierza. Alhamdulillah, semoga bermanfaat yaaa :)
      Sukses juga buat ikhtiarnya. Tetap semangat :))

      Hapus
  3. memotivasi banget kak! terimakasih informasinya..

    mampir ya https://goo.gl/0rqRZa

    BalasHapus
  4. Bahagiain banget ya bacanya! Ikut bersemangat jadinya. Btw numpang lapak ya kak.

    Di sini ada yang ingin bekerja atau kuliah berbeasiswa di luar negeri?

    Kami mendidik anda untuk memperoleh IELTS 7.5 & menjamin anda akan mendapatkan beasiswa 100% di luar negeri. 3000+ alumni kami sejak 1996, bersekolah di 4 benua. JAMINAN UANG KEMBALI! Untuk test institusional IELTS gratis & info beasiswa,
    contact: 0813 1663 4102

    BalasHapus
  5. Kak, kalau mau apply master di kampus luar negeri, katanya harus nyari calon dosen pembimbing ya?
    Trus apakah kalau udah dapat dosen pembimbing berarti udah bisa dapat LOA? Atau tetap ikut prosedur pendaftaran di website resmi kampunya?

    Thanks

    BalasHapus
  6. Selamat pagi kawan kawan
    ingin bermain kartu online tapi bingung

    pilih situs yang tepat ?
    Tasya punya pilihan tepat buat kawan

    kawan:)
    Silakan kunjungi LegendaQQ ya :)
    dan jangan lupa mampir ke blog aku ya
    Update artikel dan video HOT menarik setiap hari :)
    Di tunggu ya bos

    http://beritauniklegendaqq.blogspot.com/2018/03/legendaqq-10-potret-cupi-cupita-viral.html

    BalasHapus
  7. Sangat memotivasi sekali ya tulisan kak Afnesha Chang, semoga banyak teman2 lain yg lain bisa menyusul.

    oiya untuk teman2 yang perlu jasa pengiriman dokumen ke luar negri bisa hubungi kami lhoo.




    --PSI CARGO-- Jasa Pengiriman Barang Dan Dokumen Ke Luar Negri Murah Dan Terpercaya

    Jasa Pengiriman Dokumen/Barang Import (luar negeri ke dalam negeri) maupun Export (dalam negeri ke luar negeri) harga Kaskus, barang/dokumen dijemput dan bisa diTracing Via Internet.


    PT. Prima Semesta Internusa (PSI Cargo)
    JL. Merpati Raya no. 8A, Pesanggrahan, Jakarta Selatan
    Telp : 021-7343774
    Fax : 021-7343780
    Email : mhd.ghufran@psicargo-express.com
    Mobile : 0821-1111-6854




    Untuk Harga akan diberikan Lewat Email karena kebanyakan kalo di pajang disini.


    Barangnya pun kami jemput, untuk etiap pengambilan barang (pick-up) tidak akan di kenakan biaya apapun FREE OF CHARGEselama masih di wilayah jakarta diluar wilayah jakarta pickup dilakukan tergantung dr total pengiriman barang

    Trims

    BalasHapus
  8. Halo kak, salam kenal yaa aku mahasiswa smt 2 dari bali

    Sebenernya pingin kuliah ke luar negeri juga kak buat s1 nya, tp karna baru sadar kalau kurang persiapan jadi jalanin di bali aja dulu, tp jadi angenangen terus kepikiran:( saran dong kak, bagusnya persiapan dr skrg buat cr s1 atau aku jalanin aja dulu, nanti cari s2 aja di luar nya:(

    BalasHapus
  9. terimakasih infonya!!!

    Izin numpang lapak untuk menaruh informasi ya. Bagi kalian yang membutuhkan belajar IELTS namun terkendala biaya, jangan khawatir Future School of English memberi 100% beasiswa belajar IELTS selama 30 bulan senilai 45jt dan memberi anda jaminan mendapatkan score 7.5 dan beasiswa 100% di luar negri.

    Pembelajaran dimulai awal Juli 2018 dan seat terbatas. 100% GRATISS lhoo!!!

    info beasiswa 0813 1663 4102

    BalasHapus
  10. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau ☎ 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
  11. Boleh minta nomor kakak. Saya berkeinginan mau kuliah di luar Negri, aaya pengen bertanya2 soal pendaftaran diluar negri

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum K Afnesa Chang..
    Ka boleh di kirimin websitenya university of leeds?
    Terima Kasih
    Wassallam
    Ira

    BalasHapus